Area di Lidah Mengecap Rasa Yang Berbeda-beda

0
641

Pendapat ini sudah ada sejak puluhan tahun lalu (bahkan sejak tahun 1942). Orang-orang percaya bahwa rasa yang berbeda-beda dikecap oleh bagian lidah yang berbeda pula. Contohnya : ujung lidah mengecap rasa manis. Mungkin itulah sebabnya makanan enak yang bisa dijilat seperti es krim dan permen lolipop banyak sekali digemari!

Jika kita mencari di buku-buku ataupun googling di internet, maka kita akan mendapatkan “peta lidah”. Gambar tersebut mungkin menunjukkan rasa manis di ujung, rasa pahit di belakang, rasa asin di semua bagian dan rasa asam di kedua sisi lidah.

Pada tahun 1901, seorang ilmuwan Jerman pertama kali mengajukan pendapat bahwa area lidah yang berbeda mengecap makanan secara berbeda. Sedangkan teori bahwa area-area tertentu lebih dapat mengecap rasa tertentu hadir belakangan. Teori ini dikemukakan sekitar tahun 1940-an oleh seorang peneliti Amerika bernama Edwin Boring.

SEBENARNYA…

Terdapat 5 rasa dasar yang berbeda, yaitu : manis, asam, pahit, asin dan umami (ini adalah rasa yang ada pada makanan seperti tomat & daging).

Tiap sensor pengecap di lidah kita sebenarnya dapat merasakan semua rasa tersebut. Namun, pernyataan yang benar adalah beberapa bagian lidah kita lebih baik mengecap rasa dibandingkan bagian lainnnya.

(Fakta aneh lainnya mengenai alat pengecap adalah bahwa seiring bertambahnya usia seseorang, kita akan kehilangan pengecap tersebut. Pada waktu seseorang berumur sekitar 60 tahun, maka sekitar separuh indera pengecapnya akan hilang!).

JADI INI ADALAH… MITOS

Sumber : Buku “fakta atau mitos” terbitan BIP (Kelompok Gramedia)